PRA-DEBUT
Pembentukan Girls' Generation
diumumkan pada 16 Juli 2007 disertai pengumuman resmi profil
masing-masing anggota. Pada awalnya, mereka diberi nama Super Girl,
versi wanita dari Super Junior. Sebelum menjadi anggota Girls'
Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi
profesional. Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan
modeling, serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan
majalah.
Anggota yang pertama kali mengikuti sistem pelatihan S.M. Entertainment
adalah Jessica pada tahun 2000, setelah dia dan adiknya, Krystal Jung
(sekarang anggota girlband f(x)), ditemukan oleh pencari bakat di sebuah
mall saat sedang berlibur di Korea. Jessica disusul oleh Sooyoung dan
Hyoyeon yang juga masuk ke S.M. Entertainment pada tahun 2000.
Sebelumnya, Hyoyeon belajar menari di Winners Dance School, sebuah
sekolah tari di Korea Selatan yang terkenal dengan spesialisasi di
hip-hop. Sooyoung sudah terlebih dulu menjalani debut di Jepang pada
tahun 2002 sebagai anggota dari duo bernama Routeθ. Grup ini bubar hanya
dalam waktu tahun setelah pendiriannya. Yuri adalah anggota berikutnya
yang diterima di S.M.
setelah menjadi juara kedua di kompetisi 2001 SM
Youth Best Dancer. Yoona masuk pada tahun 2002 setelah audisi dengan
menyanyi dan menarikan lagu-lagu dari penyanyi favoritnya, BoA dan
Britney Spears. Setahun berikutnya, Seohyun mengikuti audisi dengan
menyanyikan lagu anak-anak. Anggota terakhir yang dimasukkan ke grup
adalah Sunny, yang masuk sistem pada tahun 1998 dan sudah menjalani
pelatihan selama lima tahun sebelum pindah ke perusahaan lain,
Starworld, di mana dia dilatih untuk menjadi bagian dari sebuah duo
bernama "Sugar" yang pada akhirnya tidak jadi debut. Kemudian di bawah
rekomendasi Ayumi dia pun kembali pindah ke S.M. Entertainment pada
tahun 2007. Sunny juga merupakan keponakan dari pendiri S.M.
Entertainment, Lee Soo Man.
Di Korea, kelompok dikenal sebagai So Nyeo Shi Dae (bahasa Korea: 소녀시대).
Mereka juga dikenal sebagai SoShi (소시) atau SNSD, keduanya merupakan
bentuk singkatan dari nama Korea kelompok. Nama Girls' Generation
berarti bahwa "Generasi dominasi perempuan telah datang." Kelompok
dikenal sebagai Shojo Jidai (Jepang; 少女時代) di Jepang.
2007–2008: Debut dan album pertama
Pada bulan Juli 2007, Girls' Generation menjalani penampilan pertama tak
resmi di Mnet School of Rock, di mana mereka membawakan singel pertama
mereka yang berjudul "Into the New World" (다시 만난 세계, Dasi Mannan Segye).
Sebuah acara dokumenter yang menceritakan kisah debut grup ini bertajuk
Girls' Generation Goes to School juga direkam pada saat itu,
menampilkan para anggota saat mereka pindah ke sebuah apartemen
bersama-sama dan berlatih untuk penampilan mereka nantinya di atas
panggung.
Girls' Generation tampil di Rajamangala Stadium di Bangkok, Thailand
pada bulan Februari 2008.
Singel pertama grup ini dirilis tak lama setelahnya, termasuk di
dalamnya adalah versi instrumental dari "Into the New World" serta dua
lagu lainnya: "Beginning" dan "Perfect for You." Girls' Generation
memulai debutnya secara resmi pada 5 Agustus 2007 dengan tampil di SBS
Inkigayo, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan di MBC Music Core
dan KBS Music Bank. "Into the New World" meraih posisi no. 1 di M!
Countdown.
Grup ini merilis album pertama mereka pada akhir musim gugur tahun 2007
dengan singel utama berjudul "Girls' Generation" (소녀시대, Sonyeo Sidae),
sebuah daur ulang dari lagu milik Lee Seung-chul. Promosi untuk singel
ini dimulai pada awal November. Album ini juga memuat singel pertama
mereka "Into the New World", "Perfect For You" (dengan judul baru
"Honey"), serta delapan lagu lainnya, dan berhasil terjual lebih dari
100.000 keping.
Pada awal 2008, Girls' Generation mulai mempromosikan singel kedua dari
album pertama mereka, "Kissing You", yang mengantarkan grup ini
memenangkan piala K-chart pertama mereka setelah berhasil menempati
posisi pertama di Music Bank. Lagu ini juga meraih ranking pertama di
Inkigayo dan M.Countdown!.
Pada bulan Maret 2008, album pertama mereka dikemas dan dirilis ulang
dengan judul baru Baby Baby. Girls' Generation merilis teaser untuk
singel "Baby Baby" pada 15 Maret 2008. Singel ini dirilis di situs musik
digital pada 17 Maret 2008. Mereka juga menampilkan "Baby Baby" di
berbagai acara musik seperti Music Core, Inkigayo dan M! Countdown pada
bulan Maret dan April. Promosi untuk album ini berakhir pada 13 April
2008 di Inkigayo.
Jessica, Tiffany dan Seohyun ikut mengambil bagian dalam album mini yang
dirilis oleh Roommate, sebuah one-man band dari Purple Communication.
Album mini tersebut berjudul Roommate: Emotional Band Aid, dan dirilis
pada 1 Desember 2008. Lagu yang mereka nyanyikan berjudul "Oppa Nappa"
(오빠 나빠; Bad Brother) terlebih dahulu dirilis secara digital pada bulan
April 2008. Lagu ini sempat dibawakan secara live di Inkigayo, Music
Bank, dan M! Countdown.
Tak lama kemudian, tiga anggota tersebut juga merilis "Mabinogi" (It's
Fantastic!), sebuah lagu tema untuk game dari Nexon, Mabinogi. Acara
realitas Mnet Factory Girl mengisahkan tentang para anggota yang bekerja
sebagai intern di majalah mode Elle Girl. Program ini mulai tayang pada
awal Oktober. Pada akhir tahun 2008, grup ini juga berpartisipasi di
konser SMTown Live '08 bersama artis-artis SM Town lainnya. Tur konser
ini menyambangi tiga negara yakni Korea Selatan, Thailand, dan Cina.
Pada 26 Desember 2008, poster-poster anggota Girls' Generation
mengenakan roller-skates terpampang di berbagai lokasi di Seoul. Tak
lama kemudian S.M. Entertainment mengonfirmasi bahwa poster-poster
tersebut memang merupakan poster teaser dan Girls' Generation akan
segera merilis album mini pertama mereka, Gee, pada bulan Januari 2009.
2009: Gee, Tell Me Your Wish (Genie), tur Asia pertama, dan peningkatan popularitas.
Girls' Generation menghadiri 2009 Cyworld Digital Music Awards.
Sebuah video teaser dirilis pada Januari 2009 dan tak lama setelahnya,
singel terbaru berjudul "Gee" pun dirilis. Lagu ini berhasil meraih
posisi puncak di seluruh tangga lagu musik digital hanya dalam jangka
waktu dua hari setelah dirilis. Girls' Generation memulai aktivitas
promosi pada Januari 2009 di MBC Show! Music Core di mana mereka
menyanyikan "Gee" dan "Himnae (Way to Go)". Seminggu setelah perilisan,
"Gee" memperoleh posisi pertama di KBS Music Bank dan SBS Inkigayo.
"Gee" menjadi sebuah hits fenomenal, memecahkan rekor di Music Bank
untuk lagu yang paling lama berada di puncak yakni selama sembilan
minggu berturut-turut, serta meraih triple crown di Inkigayo. S.M.
Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 kopi album ini telah
didistribusikan, sementara perusahaan analisa penjualan Hanteo
melaporkan album ini telah terjual lebih dari 30.000 kopi dalam sepuluh
hari pertama setelah perilisan. Lagu ini juga menunjukkan dominasinya di
tangga lagu lainnya, memuncaki tangga lagu Mujikon, Melon dan Mnet
selama delapan minggu berturut-turut, Dosirak selama tujuh minggu, Muse
selama enam minggu, dan Baksu selama empat minggu. "Gee" mendapatkan
gelar song of the decade dari situs musik Korea, MelOn.
Setelah rehat sejenak, S.M. Entertainment mengumukan bahwa Girls'
Generation akan kembali dengan sebuah album mini baru yang menampilkan
konsep "Marine Girl". Singel baru mereka diberi judul "Tell Me Your Wish
(Genie)", dan albumnya dirilis secara digital pada 22 Juni 2009.
Perilisan album dalam bentuk fisik ditunda oleh S.M. Entertainment untuk
menggarap ulang cover album, dan akhirnya dirilis empat hari kemudian
pada 29 Juni 2009. Grup ini memulai kegiatan promosi pada 26 Juni 2009
dengan tampil di KBS Music Bank, yang kemudian disusul dengan penampilan
di MBC Show! Music Core dan SBS Inkigayo. Kemenangan pertama mereka
untuk singel "Genie" diperoleh pada 10 Juli 2009 di Music Bank, disusul
kemenangan kedua di Inkigayo pada 12 Juli 2009. Kesuksesan lagu ini
terbukti dengan keberhasilannya memuncaki berbagai tangga lagu digital,
termasuk di antaranya Melon, Dosirak, Mnet, dan Bugs. Penjualan album
pada minggu pertama mencapai angka 50.000 kopi (hampir dua kali angka
penjualan minggu pertama Gee), pencapaian yang tidak biasa untuk sebuah
girl group Korea. Per tahun 2010, album ini sudah terjual lebih dari
200.000 kopi. Girls' Generation mengakhiri promosi untuk "Genie" pada 15
Agustus 2009.
Pada bulan November 2009, S.M. Entertainment mengumumkan tur konser
pertama Girls' Generation yang bertajuk Into the New World. Tiket untuk
konser ini mulai dijual pada 19 November dan berhasil terjual habis
hanya dalam waktu tiga menit. Tur dimulai di Olympic Park Fencing
Stadium pada 19 dan 20 Desember dan berlanjut ke kota-kota lainnya di
Asia, termasuk Shanghai. Belakangan, diumumkan bahwa Girls' Generation
akan menggelar konser encore pada 27 dan 28 Februari 2010.
2010: Oh!, Run Devil Run, debut di Jepang dan Hoot.
Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Girls'
Generation akan merilis album keduanya, Oh! pada tanggal 28 Januari.
Singel utama dari album tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara
digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua
hari setelahnya. Pada tanggal 30 Januari, kelompok dimulai promosi
dengan rekaman MBC Show! Music Core. Siaran penampilan mengalami
pemadaman dekat akhir, dimana MBC membuat kinerja keseluruhan secara
online yang tersedia dalam menanggapi hal ini. Dengan "Oh!", kelompok
menempati tempat pertama untuk memenangkan lima kali berturut-turut
K-Chart di KBS Music Bank, serta mencapai triple crown pada SBS
Inkigayo. "Oh!" juga menang di Music Bank K-chart setengah tahun, datang
pada kedua pada babak pertama grafik penjualan album Hanteo, dan juga
memenangkan K-Chart akhir tahun. Video musik peringkat sebagai nomor
satu terbanyak dilihat di YouTube video di Korea pada akhir 2010. Juga
nomor satu di Hong Kong dan membuat sepuluh besar baik di Taiwan dan
peringkat Jepang.
Girls' Generation di acara LG pada 2010.
Dimulai pada tanggal 11 Maret 2010, foto-foto anggota yang dirilis
secara online menampilkan konsep gelap, dijuluki "Black SoShi". Sebuah
video teaser dirilis pada 16 Maret, dengan singel baru Run Devil Run
dirilis sebagai singel digital pada 17 Maret.
Pertengahan Juni, diumumkan bahwa kelompok itu menandatangani kontrak
pada bulan Mei, dan akan mulai bekerja di bawah label rekaman Universal
Music Japan, Nayutawave Records Japan untuk promosi mereka di Jepang,
dengan singel pertama mereka di Jepang diperkirakan akan dirilis pada
bulan September 2010. Girls' Generation mulai promosi di Jepang pada
bulan Agustus. "少女時代到来~初来日記念盤~" (Girls' Generation's Arrival ~ First
Time in Japan Commemoration Disc ~), sebuah DVD yang menampilkan tujuh
video musik kelompok serta rekaman bonus khusus, dirilis pada 11
Agustus, dengan edisi khusus dari DVD berisi glowstick merah muda serta
tiket masuk untuk debut Girls' Generation di Tokyo Ariake Colliseum pada
25 Agustus. Pada minggu pertama setelah rilis, DVD terjual 23.000
eksemplar, peringkat keempat di peringkat Oricon mingguan DVD dan ketiga
pada peringkat DVD musik mingguan, dan membuat Girls' Generation
kelompok wanita pertama K-pop untuk membuat peringkat Oricon DVD Top-5.
Di tengah kegiatan mereka di Jepang, kelompok juga berpartisipasi dalam
SMTown Live '10 World Tour bersama label-mate pada 21 Agustus di Seoul
Jamsil Olympic Stadium. Mereka berpartisipasi dalam Shanghai berikutnya,
Los Angeles, Paris dan Tokyo.
Pada tanggal 25 Agustus, kelompok mengadakan showcase pertama mereka di
Tokyo Ariake Colliseum. Dengan 10.000 penggemar awal diundang,
dilaporkan menjadi rencana paling besar-besaran untuk artis Korea
memulai debutnya di Jepang. Namun, karena tingginya jumlah peserta yang
diharapkan, manajemen kelompok mengumumkan bahwa menampilkan akan
berlangsung tiga kali dalam hari yang sama bukan sekali untuk menampung
sejumlah besar penggemar. Kelompok menyanyikan lima lagu Korea mereka di
masing-masing penampilan, dan jumlah peserta lebih dari ketiga
menunjukkan diperkirakan setidaknya 22.000. Pada showcase ini, video
musik Jepang "Genie" juga diungkapkan publik untuk pertama kalinya dan
teaser yang telah dirilis beberapa hari sebelumnya pada 20 Agustus.
Singel debut Jepang mereka, "Genie" debut di tempat kelima pada hari
yang sama peluncurannya pada harian Oricon dan kemudian naik ke posisi
kedua di Daily Oricon beberapa waktu kemudian, mendapatkan posisi
keempat pada peringkat mingguan Oricon. Kelompok juga menempati nomor
satu pada grafik video musik Jepang iTunes' dan kedua di Rekochoku chart
harian video klip dan chart film yang masuk peringkat harian sehari
kemudian. Dengan pre-order sebesar 80.000, singel dijual sebanyak
diperkirakan 45.000 eksemplar pada minggu pertama setelah rilis. Pada
tanggal 20 Oktober 2010, kelompok merilis singel kedua mereka di Jepang,
"Gee".
Seminggu setelah merilis singel Jepang mereka, kelompok ini merilis
album mini Korea ketiga mereka, Hoot pada 27 Oktober 2010, berisi lima
track. Video untuk singel utama, "Hoot", lagu aslinya ditulis dalam
bahasa Inggris sebagai "Bulletproof", dirilis pada 28 Oktober. Girls'
Generation memulai kegiatan promosi mereka dengan panggung comeback pada
KBS Music Bank pada 29 Oktober. "Hoot" cepat naik ke puncak tangga lagu
dan menerima tempat nomor satu di banyak acara musik, terbukti rilis
lain yang sukses untuk grup. Kelompok bersamaan mempromosikan "Hoot" dan
"Gee" di Korea dan Jepang masing-masing, dan berpartisipasi dalam
siaran musik Jepang seperti FNS Music Festival, di mana mereka tampil
dengan dua singel Jepang mereka, "Gee" dan "Genie" pada tanggal 4
Desember.
Pada 22 Desember 2010, "Hoot" itu dikemas ulang dengan lagu tambahan
dari album sebelumnya dan dirilis di Jepang. Rilis naik ke posisi kedua
pada tangga lagu Oricon dan terjual 21.000 eksemplar pada hari pertama,
faring sangat baik mengingat bahwa semua track termasuk yang seluruhnya
dalam bahasa Korea.
Pada 9 Desember 2010, kelompok menghadiri Golden Disk Awards dan
dianugerahi tiga penghargaan termasuk Disk Daesang (Album of the Year)
untuk album studio kedua mereka Oh!. Kelompok ini juga menjadi kelompok
gadis pertama yang memiliki Disk Daesang (2010) dan Digital Daesang
(2009). Pada 15 Desember 2010, kelompok menghadiri Melon Music Awards
memenangkan penghargaan Best Dressed Singer dan penghargaan Hot Trend
Song untuk, "Hoot", juga penghargaan Artist of the Year. Ini akan
menjadi kedua berturut-turut penghargaan 'Artist of the Year' untuk
kelompok. Mereka menempati teratas Hanteo tahunan chart Singer Award
untuk 2010.
Nama kelompok ini terdaftar pada daftar Asia Today 50 Korean power
leaders for 2011 di nomor 44, menjadi satu-satunya grup idola dari
daftar. Girls' Generation ditetapkan "Artist of the Year" oleh Dosirak,
Soribada, Korea Gallup, Hanteo dan Sport Korea dan juga memenangkan Best
Song of The Year dengan "Oh!" di Monkey 3.
2011: Girls' Generation, ekspansi internasional, dan The Boys
Album mini "Hoot" disertifikasi Gold oleh Record Industry
Association of Japan dengan penjualan yang telah melebihi 100.000 kopi.
Pada awal tahun 2011, Girls' Generation mempersiapkan sebuah lagu baru
berjudul "Visual Dreams", sebagai bagian dari promosi untuk prosesor
Intel Core generasi kedua di Asia. Video klip untuk "Visual Dreams"
dirilis tanggal 17 Januari yang disertai berbagai macam kampanye promosi
termasuk musik baru, video klip 2D dan 3D, situs internet, foto-foto
dan display di toko-toko komputer.
Girls' Generation menampilkan "Tell Me Your Wish (Genie)" di Madison
Square Garden
Dalam paruh kedua Januari, diumumkan bahwa kelompok akan kembali ke
pasar Jepang melalui pelepasan versi Jepang "Run Devil Run" sebagai
singel digital, dirilis pada 25 Januari 2011.
Pada pertengahan Januari diumumkan bahwa mereka akan akan kembali ke
pasar musik Jepang dengan perilisan versi bahasa Jepang dari "Run Devil
Run" sebagai singel digital, dijadwalkan untuk dirilis pada 25 Januari
2011.
Tanggal 20 Januari, di Seoul Music Awards ke-20 mereka menerima
penghargaan Artist of the Year, Bonsang prize, Popularity Award dan
Hallyu Award. Dengan ini Girls' Generation menjadi satu-satunya artis di
sejarah musik Korea selain, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil
memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di
Seoul Music Awards. Mereka juga menjadi satu-satunya girl group dalam
sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul Music
Awards, dan Melon Music Awards selama dua tahun berturut-turut.
Girls' Generation menerima gelar Korea's No. 1 Power Celebrity dari
Forbes Korea. Mereka tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi
MBC, Korean Music Wave in Bangkok di Thailand pada 12 Maret 2011 yang
menandai penampilan pertama mereka di Thailand sejak Pattaya Music
Festival bulan Maret 2009.
Tanggal 8 Maret, Universal Music Japan memberikan informasi di situs
resmi mereka tentang perilisan singel ketiga dan tur konser Jepang
pertama Girls' Generation. Pada tanggal 27 April Girls' Generation akan
merilis album singel Jepang ketiga "Mr. Taxi/Run Devil Run" yang di
dalamnya terdapat lagu original berbahasa Jepang mereka yang pertama
"MR. TAXI" dan versi bahasa Jepang dari lagu Korea mereka "Run Devil
Run". Sebagian keuntungan dari penjualan singel tersebut akan
disumbangkan ke Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan
tsunami Sendai 2011. Saat itu diumumkan juga bahwa Girls' Generation
akan menggelar konser keliling Jepang bertajuk "The 1st Japan Arena
Tour" yang akan dimulai di Osaka pada 31 Mei. Total sebanyak 14 konser
di 6 kota akan berlangsung selama satu setengah bulan.
Di 2011 VMAJ, Girls' Generation dinominasikan di tiga kategori yaitu
"Best Group Video", "Best Video Of The Year" dan "Best Karaokee! Song".
Girls' Generation membawakan dua lagu di acara yang juga dihadiri oleh
artis terkenal dunia seperti Lady Gaga tersebut. Pada tanggal 2 Juli,
diumumkan bahwa mereka memenangkan dua dari tiga nominasi yaitu "Best
Group Video" dan "Best Karaokee! Song" untuk "Genie".
Tanggal 1 Juni 2011, mereka merilis album studio Jepang pertama yang
bertajuk Girls' Generation. Album ini memuat 12 lagu termasuk singel
"Genie", “Gee”, "Run Devil Run", "Mr. Taxi/Run Devil Run" dan versi
Jepang dari "Hoot".
Album Girls' Generation disertifikasi Platinum oleh Recording Industry
Association of Japan pada 14 Juni 2011 dan Double Platinum pada 8 Juli
2011. Grup ini juga mencetak rekor sebagai artis luar negeri dengan
total penjualan album pertama tertinggi di Jepang. Girls' Generation
adalah artis keempat yang mencapai posisi nomor 1 di chart album
mingguan Oricon setelah BoA, TVXQ dan Big Bang, dan menjadi artis Korea
ketiga yang melewati angka penjualan 500.000 kopi setelah BoA dan TVXQ.
Seiring dengan popularitas mereka yang semakin bertambah, Girls'
Generation pun menjadi artis luar negeri berpenghasilan tertinggi di
Jepang pada paruh pertama tahun 2011. Album Girls' Generation telah
terjual sebanyak lebih dari 629.436 keping, menjadikannya sebagai album
oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah
tangga lagu Oricon.
Belakangan ini, Girls' Generation sedang sibuk dengan tur Asia kedua
mereka. Dua konser pertama telah diselenggarakan di Seoul pada 23 dan 24
Juli, diikuti dengan konser di Taipei, Taiwan tanggal 9, 10 dan 11
September, serta di Singapura pada 9 dan 10 Desember.
Girls' Generation dinamai "The Most Influential Entertainers in Korea"
untuk tahun 2011 oleh SISA Press setelah pada tahun sebelumnya berada di
posisi keenam.
Pada tanggal 26 September 2011 S.M. Entertainment mengumumkan bahwa
Girls' Generation akan kembali dengan album Korea ketiga mereka "The
Boys. Foto teaser mereka memiliki konsep cerita dongeng dan foto pertama
yang menampilkan Taeyeon dirilis pada hari itu juga, disusul oleh Sunny
dan Hyoyeon pada 27 September, Jessica, Sooyoung dan Tiffany pada 28
September serta Yoona, Yuri, dan Seohyun pada 29 September. Video teaser
pertama untuk "The Boys" dirilis pada 1 Oktober 2011 melalui kanal
YouTube milik S.M. Entertainment.
Pengaturan pemandangan mereka di pasar internasional, Girls' Generation
menandatangani kontrak dengan Universal Music Group pada tahun 2011
untuk merilis Amerika Serikat material di bawah Interscope Records.
Girls’ Generation pada awalnya dijadwalkan untuk merilis album ketiga
The Boys lewat iTunes dan berbagai situs musik di Asia termasuk Korea
pada 5 Oktober 2011. Namun pada 30 September diumumkan bahwa peluncuran
album tersebut telah ditunda karena adanya diskusi tentang perilisan
album ini di seluruh dunia, yang detailnya akan segera diungkap segera
setelah tercapai kesepakatan. Pada 10 Oktober dikonfirmasi bahwa album
tersebut akan dirilis pada 19 Oktober 2011 dan Girls' Generation akan
membawakan lagu "The Boys" untuk pertama kalinya di acara KBS Music Bank
pada 21 Oktober.
Girls' Generation menampilkan "The Boys" di Madison Square Garden, pada
Oktober 2011.
Singel utama album ketiga mereka, "The Boys" dirilis dalam dua bahasa
yaitu Korea dan Inggris. Lagu tersebut diciptakan dan diaransemen oleh
yang pernah menjadi produser Michael Jackson. Hanya dalam waktu beberapa
menit setelah "The Boys" dirilis, album tersebut langsung menerima
"all-kill" di berbagai tangga lagu situs musik online maupun offline di
Korea. Meskipun tidak mencatat pada Hot 100, lagu berhasil puncak di
dalam Top 30 pada grafik di iTunes Amerika Serikat, menjual lebih dari
21.000 eksemplar dan menjadi salah satu penjualan terbaik K-Pop lagu,
pada waktu itu, di Amerika Serikat. Album berjudul sama terjual 227.994
eksemplar dalam waktu dua belas hari di Korea Selatan, menjadi album
terlaris pada bulan Oktober dan ketiga terbaik penjualan album tahun
2011. Pada akhir Desember, "The Boys" telah menjual 150.000 eksemplar
lanjut, membawa total 385.348 eksemplar, menjadi album terlaris di Korea
Selatan pada tahun 2011. Pada tanggal 21 Oktober, Girls' Generation
memulai promosi mereka untuk album ketiga dengan membawakan lagu "The
Boys" dan "Mr. Taxi" di KBS Music Bank. Pada 23 Oktober 2011, itu
dikonfirmasi oleh anggota pada tanggal New York City dari SMTown World
Tour II, bahwa "The Boys" maxi-single akan dirilis secara internasional
pada 19 November 2011, meskipun tanggal itu kemudian dipindahkan ke
Desember 8, 2011. Dengan hanya dua bulan dari penjualan, The Boys
berhasil menjadi yang terbaik 10 penjualan track digital di negara
asalnya dari 2011, telah menjual 3.032.658 eksemplar sejak rilis
Oktober. Pada April 2012, album itu terjual lebih dari 410.000 kopi di
Korea Selatan, menetapkan rekor Gaon Chart untuk album terbaik,
penjualan non-dikemas ulang dalam sejarah grafik.
Pada tanggal 11 November dikabarkan bahwa Girls' Generation akan merilis
buku foto resmi pertama mereka di Jepang yang berjudul “Holiday”.
Selain itu dokumentasi tur konser Jepang pertama mereka akan tersedia
baik dalam bentuk blu-ray maupun DVD dan akan dirilis pada 14 Desember.
"Holiday" menembus posisi no. 1 dalam kategori fotografi di chart
penjualan buku di Jepang. Buku tersebut memuat koleksi foto mereka saat
menikmati liburan, dan berhasil terjual lebih dari 17.000 eksemplar
hanya dalam waktu satu minggu. pada tanggal 29 November Girls'
Generation tampil dalam acara M'Net Asian Music Award 2011 dengan
menampilkan lagu The Boys dalam versi remix. Dalam acara itu pula Girls'
Generation mendapatkan dua penghargaan sebagai Best Female Group dan
Artist Of The Year.
Girls' Generation ikut berpartisipasi dalam album kompilasi "2011 Winter
SMTown: The Warmest Gift" dengan lagu berjudul "Diamond". Album
tersebut dirilis pada 13 Desember 2011.
Pada tanggal 7 Desember 2011, diumumkan bahwa Girls 'Generation akan
merilis repackaged dari debut album Jepang "Girls' Generation", yang
berisi versi Jepang dari "The Boys", dan versi remix dari "The Great
Escape", "Bad Girl", dan "Mr. Taxi". Ini juga berisi lagu baru, "Time
Machine". Album ini dirilis pada tanggal 28 Desember 2011, dan, bersama
dengan album awal, "Girls' Generation" melewati penjualan lebih dari
800.000, dengan pengiriman 1 juta. Album menempati nomor lima di chart
Oricon Weekly CD Albums untuk minggu kedua Januari 2012 (Jan 9 - 15) dan
Oricon mengumumkan bahwa itu adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa
album oleh artis Korea telah ditempatkan di Top 10 selama tujuh belas
minggu. Pemegang rekor sebelumnya adalah soundtrack asli untuk drama
Korea “Winter Sonata”, yang tetap di Top 10 selama enam belas minggu.
Karena rilis Jepang mereka, kelompok peringkat kelima di antara artis
Jepang dalam hal keuntungan moneter, kelompok ini telah menghasilkan
lebih dari 4,5 miliar Yen (US $ 57 juta) untuk 2011.
2012: Promosi internasional, aktivitas solo, sub-grup, dan Girls & Peace
Pada tanggal 12 Januari 2012, kelompok menghadiri Golden Disk Awards,
yang digelar di Osaka, membawa pulang dua penghargaan; "Digital Bonsang"
dan sangat didambakan "Digital Daesang". Seminggu kemudian, pada
tanggal 19 Januari 2012, mereka menghadiri Seoul Music Awards, dan
membawa kembali dua penghargaan, penmghargaan "Bonsang" dan
"Popularity". Kelompok ini juga memenangkan dua penghargaan dari Gaon
Chart Awards, memenangkan Album Of The Year untuk kuartal keempat dan
Oricon penghargaan "Hallyu Singer". Pada tanggal 24 Februari 2012,
teaser untuk singel digital Jepang, "Time Machine", dirilis. Lagu ini
termasuk dalam versi repackaged Jepang album Jepang pertama mereka.
Video musik penuh dirilis pada tanggal 13 Maret 2012, dengan empat belas
lagu memuncak pada Billboard Japan's Hot 100.
Mereka tampil di Late Show with David Letterman dan Live! with Kelly
pada tanggal 31 Januari, 2012 dan 1 Februari 2012, di mana mereka
melakukan remix dari versi bahasa Inggris dari "The Boys", menandai
pertama kalinya bahwa sebuah tindakan musik Korea telah dilakukan.
Mereka juga tampil pada acara Perancis, Le Grand Journal, pada tanggal 9
Februari 2012, setelah ia mengumumkan bahwa mereka akan merilis "The
Boys" pada tanggal 13 Februari 2012, melalui Universal Music Group
Polydor Records di Perancis. Pada bulan yang sama, Forbes Korea
melaporkan daftar tahun ini dari "Top 40 Power Celebrities". Girls'
Generation mendapat peringkat nomor satu dalam daftar, sehingga membuat
mereka menjadi kelompok gadis dan selebriti perempuan Korea Selatan
terkuat. Sebulan kemudian, pada tanggal 23 Maret 2012, mereka membuat
penampilan debut mereka di Malaysia di Petronas Towers, sebagai bagian
dari Twin Towers @Live 2012. Angka untuk kelompok pendapatan total untuk
2011 yang dirilis pada bulan Maret, 2012. Kelompok ini ditempatkan
pertama di antara label mereka, penghasilan lebih dari 100 miliar won,
atau, sekitar, $88.560.000 USD.
April 2012 melihat pembentukan Girls' Generation-TTS, atau lebih mudah
"TaeTiSeo", subunit yang terdiri dari anggota Taeyeon, Tiffany, dan
Seohyun. Sub kelompok merilis album mini pertama mereka, Twinkle, pada 2
Mei. Kelompok ini terus promosi sepanjang bulan, tampil di berbagai
acara dan di Hallyu Dream Wave Concert. "Twinkle" debut di nomor 126
pada Billboard 200, menjual lebih dari 3.000 eksemplar dan menjadikannya
tertinggi charting album K-Pop pada grafik pada saat itu. Pada bulan
Juli, 2012, album itu terjual 140.000 eksemplar di negara asalnya, dan
24.000 eksemplar lebih lanjut di luar negeri. Di bulan yang sama,
kelompok, dengan pengecualian Yuri dan Yoona, menghadiri showcase untuk
film biografi SM Entertainment, I AM., yang diselenggarakan di bioskop
CJ CGV di Yeongdeungpo-gu, Seoul, pada tanggal 30 April. Seminggu
sebelumnya, "Dear My Family", lagu tema untuk film, yang menampilkan
pemimpin kelompok, Taeyeon, dirilis, yang menampilkan baik konser dan
belakang panggung cuplikan.
Pada tanggal 20 Mei 2012, kelompok tampil dengan label-mate mereka di
Honda Center di Anaheim, sebagai bagian dari tanggal pertama dari SMTown
Live World Tour III. Anggota Yoona dan Yuri tidak hadir karena komitmen
mereka dengan syuting drama televisi mereka Love Rain dan Fashion King.
Setelah berakhirnya dari drama mereka, Yuri dan Yoona kembali ke
kelompok sebagai tur pindah ke Taiwan, di mana mereka tampil untuk
kerumunan 30.000 orang. Tur kemudian dilanjutkan ke Tokyo, Korea
Selatan, Singapura, Thailand dan Indonesia.
Sebuah video teaser untuk singel Jepang kelompok, "Paparazzi", dirilis
pada tanggal 29 Mei 2012. Teaser ini diikuti oleh rilis dari video musik
penuh, lalu versi tari, pada 14 Juni 2012. Lagu, dirilis pada tanggal
27 Juni 2012, akan berfungsi sebagai lead singel dari album Jepang kedua
mendatang mereka. Paparazzi terbukti menjadi rilis lain sukses untuk
grup, memulai debutnya di atas Japanese Hot 100, menjual lebih dari
92.000 kopi dalam minggu pertama, menjadi pembuka kedua mereka minggu
terbaik pertama, setelah debut 102.000 dari Mr. Taxi, setahun
sebelumnya. Perilisan "Paparazzii", dikuatkan kelompok total penjualan
singel di negara itu untuk lebih 647.000, menurut SoundScan Japan. Di
bulan yang sama, kelompok memenangkan "Best Album of the Year" untuk
album debut Jepang mereka di VMAJ 2012.
Ini diumumkan pada tanggal 3 Juli 2012, bahwa kelompok untuk melepaskan
perangko resmi pada bulan berikutnya, memperingati HUT ke-5 mereka.
Sebanyak 14 perangko yang diproduksi, yang termasuk sampul album yang
sudah ditandatangani. Ini menandai pertama kalinya seorang selebriti
telah membuat kontrak dengan Korea Post untuk menghasilkan perangko .
Dalam satu jam dari penerbitan perangko, lebih dari setengah dari
lembaran prangko yang tersedia sudah terjual habis.
Tampil di Singapura, November 2012
Pada tanggal 10 Agustus 2012, terungkap bahwa kelompok untuk merilis
videografi Blu-ray/DVD berjudul "Girls' Generation Complete Video
Collection". Dua minggu kemudian pada tanggal 29 Agustus, fansite resmi
Jepang kelompok mengumumkan kelompok akan tur Jepang untuk kedua
kalinya, pada tahun 2013. "Oh! / All My Love Is For You", double kedua
kelompok singel A-side, dan singel kedua dari album studio kedua mereka
di Jepang dirilis pada tanggal 26 September 2012, dan menampilkan remake
Jepang 2010 singel mereka, "Oh!". Video musik “All My Love Is For You”
dirilis pada 4 September 2012 dan video musik untuk "Oh!" dirilis pada
14 September 2012. Oh!, meraih tempat pertama pada chart Oricon Weekly
Single, menjual 66.000 kopi dalam minggu pertama. Tambahan, Complete
Video Collection mereka mnempatio tempat pertama di chart Oricon Weekly
DVD and Blu-ray, menjual 59.000 cakram kolektif. Mereka adalah seniman
kedua untuk mencapai nomor satu pada ketiga grafik di minggu yang sama.
Satu-satunya kelompok lain untuk mencapai hal ini adalah prestasi yang
sama dari band rock pop Jepang, Mr. Children. ALbum kedua Jepang mereka,
Girls' Generation II ~Girls & Peace~, dijadwalkan rilis pada 28
November 2012. Album ini akan didahului oleh singel "Flower Power", yang
direncanakan akan dirilis pada 21 November 2012.
Kelompok ini akan berpartisipasi dalam soundtrack untuk labelmate, debut
film BoA, COBU 3D. Lagu, dinyanyikan dalam bahasa Inggris, berjudul
"Cheap Creeper" akan dirilis sebelum rilis film. Jessica juga
berpartisipasi dalam lagu lain untuk soundtrack dengan adiknya Krystal
Jung dan anggota EXO, Kris, di lagu, "Say Yes." Pada tanggal 16 Oktober
2012, ia mengumumkan Hyoyeon dan Jessica akan berpartisipasi dalam
kampanye promosi musik untuk perusahaan mobil Hyundai, dan pelanggan
"Premium Younique Lifestyle". Lagu Jessica, "My Lifestyle" fitur dengan
rapper Korea Dok2, wdirilis pada 18 Oktober 2012. Track Hyoyeon,
berjudul "Maxstep", sebuah lagu electropop dubstep berorientasi
menampilkan Super Junior Eunhyuk, SHINee Taemin, Super Junior-M Henry,
EXO-K Kai, dan EXO-M Luhan dirilis pada 31 Oktober 2012.
Girls’ Generation awalnya ditargetkan untuk comeback Korea pada akhir
Oktober atau awal November. Namun, mereka telah memutuskan untuk tidak
comeback tahun ini. Rencana itu akhirnya dibatalkan untuk grup untuk
fokus pada promosi Jepang untuk sisa 2012. Kelompok ini akan merilis
2011 Girls' Generation Tour DVD pada tanggal 30 November 2012 yang
menampilkan cuplikan dari tur konser 2011. Sebuah photobook dan poster
pers terbatas edisi pertama juga disertakan dengan DVD. Karena rilis
Jepang mereka, kelompok mendapat peringkat tujuh di antara seniman
Jepang dalam hal keuntungan moneter, kelompok ini telah menghasilkan
lebih dari 4,3 miliar Yen (US$51 juta) untuk 2012. Pada tanggal 16
November 2012, diumumkan bahwa kelompok itu bermaksud untuk membuat
comeback Korea pada tahun 2013. Bulan berikutnya, pada tanggal 11
Desember 2012, seorang wakil untuk SM Entertainment menyatakan bahwa
kelompok berada di tahap akhir persiapan album keempat mereka,
bagaimanapun, tanggal rilis masih diputuskan. Pada 20 Desember 2012, SM
Entertainment memposting gambar teaser yang mengandung kata-kata "2012.
12. 21 10 A.M." dengan nama kelompok dikelilingi oleh bunga nasional
Korea pada Twitter resmi mereka. Kelompok ini merilis lagu pre-rilis
"Dancing Queen", versi remake dari Mercy Duffy, pada 21 Desember 2012.
2013: I Got a Boy dan tur dunia
Pada 1 Januari 2013, Girls' Generation merilis album keempat mereka di
Korea, I Got a Boy. Album ini terjual lebih dari 265.000 kopi selama
bulan Januari dan berhasil debut di puncak tangga album Gaon edisi
Januari. Girls' Generation memulai promosi untuk album ini di Mnet M!
Countdown dan dilanjutkan ke program-program musik lainnya sampai dengan
awal Februari.
Girls' Generation memulai tur konser Jepang kedua mereka, Girls &
Peace pada 9 Februari 2013. Grup ini merilis album remix pertama di
Jepang yang bertajuk Best Selection Non Stop Mix pada tanggal 20 Maret.
Selain itu, Girls' Generation juga telah mengeluarkan PV singel Jepang
baru yang berjudul Love & Girls yang diluncurkan pada tanggal 19
Juni 2013, meskipun rencana awal dirilis pada tanggal 29 Mei 2013. Pada
akhir April, diumumkan bahwa Girls' Generation akan menggelar tur dunia
mereka yang pertama, 2013 Girls' Generation World Tour: Girls &
Peace, yang dimulai dengan dua konser di Seoul pada 8 dan 9 Juni 2013.
Pada tanggal 5 September 2013, Girls' Generation mengeluarkan PV / MV
baru singel Jepang secara online yang berjudul Galaxy Supernova yang
akan dirilis tanggal 18 September 2013. Dan menurut kabar yang beredar,
Girls' Generation akan mengeluarkan album Korea baru di akhir tahun ini,
namun belum pasti apakah itu album, mini album ataupun singel.
SUMBER : http://id.wikipedia.org/wiki/Girls%27_Generation
- Music Video
-
Music Video2
- Beautiful Girls(feat.유영진)
- POP!POP!(비주얼 드림)
- BAD GIRL
- THE BOYS (KOR ver.)
- THE BOYS (ENG ver.)
- (KOR ver.)
- Gee (JPN ver.)
- Genie (JPN ver.)
- RunDevilRun(JPN ver.)
- MR. TAXI(JPN ver.)
- Time Machine(JPN ver.)
- TWINKLE
- PAPARAZZI
- PAPARAZZI Dance Version
- Girls' Generation 소녀시대_'Mr.Mr.'_Music Video
- Girls' Generation 소녀시대_I GOT A BOY_Music Video
Home
Tidak ada komentar:
Posting Komentar